Senin, 11 Desember 2017

MasyaAllah Inilah Asal Mula Kopi

Catatan Anak Sholeh - Kopi pasti sangat kita kenal, minuman hitam sebagai penahan rasa kantuk atau pelengkap sarapan di pagi hari



Bahkan sekarang banyak kopi yang dicampur dengan cream, susu, ataupun bahan lainnya sehingga minum kopi lebih banyak pilihannya

Tapi siapa yang pertama kali memulai kebiasaan minum kopi ini?

Cerita berawal dari seorang Arab bernama Khalid yang menggembala kambing-kambingnya di wilayah bernama Kaffa, Ethiopia Selatan. Ia mencatat bahwa hewan-hewan peliharannya jadi lebih lincah setelah memakan biji-bijian tertentu. Selanjutnya dia merebus biji-bijian tersebut menjadi minuman kopi yang pertama.

Untuk pertama kalinya tercatat minuman berbentuk serbuk yang diekspor dari Ethiopia ke Yaman. Pada akhir abad ke-15, bubuk kopi telah mencapai Mekah dan Turki, selanjutnya merintis jalan hingga ke Venice pada tahun 1645.

Kopi dibawa ke Inggris pada tahun 1652 oleh seorang berkebangsaan Turki bernama Pasqua Rosee yang pertama membuka kedai kopi di Lombard Street, London.

Pengucapan qahwah (kopi dalam bahasa Arab) akhirnya menjadi kahve (dalam bahasa Turki), selanjutnya menjadi caffé (dalam bahasa Italia) dan akhirnya menjadi coffee (dalam bahasa Inggris)

Kemudian kedai-kedai kopi mulai menyebar ke dataran Eropa juga.

Awalnya terdapat penentangan dari masyarakat Kristen Eropa, karena kopi dianggap “minuman Islam”. Lambat laut kedai kopi menjadi “pusat Pencerahan” terutama di Prancis.

Masyarakat Eropa sebelumnya sudah terbiasa dengan minuman alkohol, sekarang mereka bertemu di kedai-kedai kopi dimana mereka membahas filsafat, pemerintahan, politik dan ide-ide lain yang menjadi pilar 'pencerahan'. Filsuf Pencerahan Prancis seperti Diderot, Voltaire, Roussesau adalah pelanggan tetap di kedai kopi Paris.

Kalau saja bukan karena minuman ini yang berasal dari negeri-negeri Muslim, Eropa mungkin saja tidak pernah memiliki pencerahan, karena para filsuf tidak akan pernah saling bertemu untuk mendiskusikan ide-ide, atau memiliki kejernihan mental untuk dapat berfikir filosofis.

Semoga bermanfaat,

Bagikan jika bermanfaat ^^


EmoticonEmoticon

bawah artikel

New Update

Subcribe