Senin, 26 Februari 2018

HUKUM SHALAT TAHIYATUL MASJID 4 RAKAAT DI HARI JUM’AT DENGAN SATU SALAM

Catatan Anak Sholeh

Buya Yahya Menjawab.

Pertanyaan: 
Assalamu’alaikum Wr. Wb. Buya yang ana hormati ana mau tanya, shalat tahiyatul masjid yang dilakukan pada hari jum’at kan disunnahkan 4 rakaat. Kalau dikerjakan langsung 4 rakaat dengan satu salam, bolehkah tidak mengerjakan tasyahud awal? 

Jawaban: 
Wa’alaikumussalam Wr. Wb. Shalat Tahiyatul Masjid adalah shalat yang dilakukan oleh seseorang yang memasuki masjid berapa rakaat pun boleh. Hanya umumnya dengan 2 rakaat. Jika dilakukan dengan lebih dari 2 rakaat misalnya 4 rakaat juga boleh dan itu lebih bagus. Semakin banyak semakin baik. 

Di saat melakukan 4 rakaat dianjurkan agar tidak pakai tasyahud awal. Jika pakai pun tetap sah. Yang harus diketahui juga bahwa tidak ada anjuran khusus Tahiyatal Masjid di hari jum’at dengan 4 rakaat. Kalau melakukan 4 rakaat boleh-boleh saja. Yang paling bagus di saat melakukan 4 rakaat adalah dengan 2 kali salam. Setiap 2 rakaat satu salam. 
Hadits yang diriwayatkan oleh ibnu majah:
أَنَّ النَّبِيَّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ كَانَ يُصَلِّي قَبْلَهَا أرَبْعَا 
 “Bahwa Nabi Muhammad SAW melakukan Shalat sebelumnya (maksudnya Jum’atan) 4 rakaat”. Riwayat ini bukan masalah Tahiyatul Masjid, akan tetapi itu masalah shalat sunnah sebelum Jum’at. Wallahu a’lam bish-shawab.

share THIS:


EmoticonEmoticon

bawah artikel

New Update

Subcribe