Kezaliman Tidak Boleh Dibiarkan - Catatan Anak Sholeh

Terbaru

Saturday, March 17, 2018

Kezaliman Tidak Boleh Dibiarkan

KH Didin Hafidhuddin saat mengisi kajian tafsir ayat ahkam di Masjid Al Hijri II Universitas Ibn Khaldun (UIKA) Bogor
CATATAN ANAK SHOLEH - BOGOR, Islam adalah agama yang sangat menjunjung akhlak baik dalam keadaan damai maupun perang. Saat berperang, Islam punya aturan bagaimana misalnya larangan membunuh anak-anak, orang tua, wanita, orang sakit, dan pemuka agama. 
Dalam sejarah peperangan yang dilakukan kaum muslimin itu lebih mengutamakan strategidefensif (bertahan). "Jadi tidak benar anggapan jika Islam disebarkan diawali dengan peperangan, perang terjadi karena mempertahankan diri atau melawan kezaliman," ujar KH Didin Hafidhuddin saat mengisi kajian tafsir ayat ahkam di Masjid Al Hijri II Universitas Ibn Khaldun (UIKA) Bogor, Kamis (15/3).
Dalam kajian tersebut, dibahas tafsir surat Al Baqarah sebagian dari ayat 191 yang berbunyi,"...Janganlah kalian memerangi orang kafir di tanah haram (Mekah), kecuali mereka memerangi kalian.."
Ayat tersebut melarang untuk memerangi kaum kafir, namun ketika orang kafir melakukan penyerangan maka kaum muslimin diizinkan untuk berperang. "Diperbolehkannya berperang dalam rangka menolak kejahatan orang kafir, karena keburukan tidak boleh dibiarkan," jelas Kyai Didin.
Di zaman sekarang, saat munculnya berbagai propaganda buruk terhadap Islam itu juga harus dilawan. "Karena kalau dibiarkan nanti seolah-olah propaganda tersebut dianggap benar. Umat Islam tidak boleh diam menghadapi kezaliman," tegasnya.
"Jangan sampai ada kesan pembiaran di masyarakat, karena itu setiap kemunkaran harus dilawan dan paling rendah dilawan oleh hati," tambah Kyai Didin.
Selain itu, ia juga menjelaskan bagaimana sejarah Fathu Makkah (penaklukan kota Mekah), penaklukan dengan damai tanpa darah yang keluar. "Padahal kaum musyirikin Mekah sudah tidak berdaya, ibaratnya mereka sudah rela mau diapakan juga. Tetapi Nabi lebih memilih untuk membebaskan mereka, dan hikmahnya banyak orang berbondong-bondong masuk Islam," tandasnya.
Sumber:
www.suara-islam.com

No comments:

Post a Comment

Popular Posts

Post Top Ad

close