Sunnah yang Ditinggalkan Setelah Membaca Al-Qur’an - Catatan Anak Sholeh

Terbaru

Wednesday, April 11, 2018

Sunnah yang Ditinggalkan Setelah Membaca Al-Qur’an


CATATAN ANAK SHOLEH - Sunnah yang terlupakan oleh kebanyakan manusia, setelah selesai membaca al qur’an. Disunnahkan setelah selesai membaca al qur’an, untuk membaca berdo’a [Kafaratul Majlis]:
سُبْحَانَكَ اللَّهُمَّ وَبِحَمْدِكَ، أشهد أن لاَ إِلَهَ إِلاَّ أَنْتَ، أَسْتَغْفِرُكَ وَأَتُوبُ إِلَيْكَ.
Dalil atas yang demikian, adalah hadits dari Aisyah radhiyallahu ‘anha, beliau berkata:
مَا جَلَسَ رَسُولُ اللهِ صلى الله عليه وسلم مَجْلِسًا قَطُّ، وَلاَ تَلاَ قُرْآناً، وَلاَ صَلَّى صَلاَةً إِلاَّ خَتَمَ ذَلِكَ بِكَلِمَاتٍ، قَالَت ْ: فَقُلْتُ: يَا رَسُولَ اللهِ، أَرَاكَ مَا تَجْلِسُ مَجْلِساً، وَلاَ تَتْلُو قُرْآنًا، وَلاَ تُصَلِّي صَلاَةً إِلاَّ خَتَمْتَ بِهَؤُلاَءِ الْكَلِمَاتِ ؟ قَالَ نَعَمْ، مَنْ قَالَ خَيْراً خُتِمَ لَهُ طَابَعٌ عَلَى ذَلِكَ الْخَيْرِ، وَمَنْ قَالَ شَرّاً كُنَّ لَهُ كَفَّارَةً سُبْحَانَكَ اللَّهُمَّ وَبِحَمْدِكَ، أشهد أن لاَ إِلَهَ إِلاَّ أَنْتَ، أَسْتَغْفِرُكَ وَأَتُوبُ إِلَيْكَ).


“Tidaklah Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam duduk dalam sebuah masjid, tidak pula beliau membaca al-Qur’an dan tidak pula melaksanakan sebuah shalat, kecuali beliau menutup dengan beberapa kalimat (do’a).

Maka Aisyah berkata: Aku bertanya: Wahai Rasulullah, sesungguhnya tidaklah aku melihat anda duduk di sebuah majelis, tidak pula anda membaca al-Qu’an, tidak pula anda melaksanakan suatu shalat, kecuali anda menutupnya dengan kalimat-kalimat tersebut?
Beliau shallallahu ‘alaihi wa sallam menjawab: Betul, dikarenakan barangsiapa yang berkata sesuatu kebaikan, kemudian ditutup dengan do’a tersebut, maka akan dicatat baginya kebaikan. Dan barangsiapa yang berkata kejelekan maka do’a tersebut sebagai kafarat (penebus).”
سُبْحَانَكَ اللَّهُمَّ وَبِحَمْدِكَ، أشهد أن لاَ إِلَهَ إِلاَّ أَنْتَ، أَسْتَغْفِرُكَ وَأَتُوبُ إِلَيْكَ.
“Maha Suci Engkau Ya Allah, dan dengan memuji-Mu. Aku bersaksi bahwa tidak ada Illah yang berhak disembah kecuali Engkau dan aku meminta ampun dan bertaubat kepada-Mu.”
***
Adapun pada masa ini, kebanyakan manusia -kecuali orang yang Allah rahmati- mereka meninggalkan sunnah ini. Mereka berdo’a setelah selesai dari membaca al qur’an:
صدق الله العظيم
“Maha Benar Allah yang Maha Agung.”
Atau dengan mencium mushaf al-Qur’an. Maka seyogiyanya bagi kita, untuk menyebarkan sunnah ini.
***
Dan sungguh al-Imam an Nasai’ rahimahullah telah membuat bab, tentang hadits ini dengan ucapan beliau: “Apa yang dibaca tatkala selesai membaca Al-Qur’an”
Sanadnya shahih, dikeluarkan oleh al Imam an Nasai’ dalam “as-Sunnan al Kubro”. Berkata al Hafidz Ibnu Hajar rahimahullah dalam “an Nukat” (2/733), sanadnya shahih.
Berkata asy Syaikh al Albaniy rahimahullah, dalam “ash Shahihah” (7/495): “Ini sanad yang shahih, juga dengan syarat Imam Muslim. Berkata asy-Syaikh Muqbil al-Wadi’i dalam kitab “al Jami’ush Shahih mimma Laisa fi Shahihain” (2/128): “Ini hadits yang Shahih.”
Wallahu a’lam bish shawwab
Sumber: atsar.id

No comments:

Post a Comment

Popular Posts

Post Top Ad

close