Jumat, 25 Mei 2018

Ramadhan Sambil Beramal

 
CATATAN ANAK SHOLEH - Ramadhan merupakan momen dimana umat muslim melaksanakan ibadah puasa. Selain puasa makan dan minum, Ramadhan juga menjadi momen dimana kesabaran seseorang diuji dan umat muslim diajak untuk bisa saling berbagi. Tanpa melakukan sedekah maka bulan Ramadhan tidak akan terasa lengkap.
Empat kewajiban umat Muslim di bulan puasa:

1. Menyegerakan Berbuka Puasa

Apabila telah datang waktu berbuka puasa, hendaklah menyegerakan berbuka, karena didalamnya terdapat banyak kebaikan.
“Manusia akan sentiasa berada dalam kebaikan selama mereka menyegerakan berbuka.” (HR. al-Bukhari dan Muslim)

2. Memberikan Makanan Berbuka Puasa

“Barang siapa yang memberikan makanan berbuka kepada orang yang berpuasa, maka baginya pahala seperti orang yang berpuasa tersebut, tanpa mengurangi sedikit pun pahala orang yang berpuasa itu” (Shohih Nasa’i dan Tirmidzi)
Amal ibadah mulia ini dapat Anda manfaatkan bersama tetangga atau anak-anak yatim yang bermukim disekitar rumah Anda. Memberikan makanan ini hanya satu contoh yang dapat kita terapkan dalam hal berbagi rezki kepada sesama umat. Hal ini juga perlu dibiasakan, agar setelah selesai bulan Ramadhan, hal ini tidak punah begitu saja.

3. Sholat Tarawih

Ibadah sunnah yang khas di bulan Ramadhan adalah shalat tarawih (qiyamul ramadhan). Dan yang paling penting diingat ialah shalat tarawain dapat dilakukan dirumah sekalipun. 

4. Berzakat

Zakat fitrah wajib dibayarkan sebelum hari Ramadhan berakhir oleh umat Islam, baik lelaki-perempuan, dewasa maupun anak-anak. Tujuannya untuk mensucikan orang yang melaksanakan puasa dan untuk membantu fakir miskin.
Zakat Fitrah merupakan Sunnah ketika bulan puasa untuk melengkapi ibadah Ramadhan. Selain berzakat, bersedekah juga disarankan untuk mensucikan bulan puasa dan membantu yang membutuhkan.

Sumber:
www.1001inspirasiramadhan.com/


EmoticonEmoticon

bawah artikel

New Update

Subcribe