Apa Yang Harus Saya Lakukan Agar Tidak Galau ?


Catatan Anak Sholeh
Apa Yang Harus Saya Lakukan Agar Tidak Galau ?

Oleh : Ikal Adji, Muslim Circle Analyze

Seorang ustadz pernah berkata bahwa kebahagiaan dapat diraih melalui dua hal: Hablumminallah dan hablumminannas. Hablumminallah adalah hubungan kita dengan Allah, Sang Maha Pencipta. Hablumminannas adalah hubungan kita dengan manusia lain, yakni keluarga, kawan, dan siapapun yang kita temui dalam keseharian.

Hubungan dengan Allah kaitannya dengan ibadah, dimana Allah memberikan semacam tugas berupa perintah dan larangan. Apa yang harus kita lakukan, dan apa yang tidak boleh dilakukan. Kemudian tugas itu akan diperluas melalui dua jenis hukum, hukum benda dan hukum perbuatan. Hukum benda dua macam: halal/mubah dan haram. Sedangkan hukum perbuatan ada lima: Wajib, Sunah, Mubah, Makruh, dan Haram.

Hubungan dengan manusia kaitannya dengan muamalah. Hubungan kita dengan manusia lain pasti diimplementasikan bagaimana cara kita berperilaku terhadap mereka. Ini jelas terkait dengan hukum perbuatan yang didalamnya terdapat lima macam yang tadi disebutkan.

Allah Yang Maha Mengetahui, mencipta manusia beserta paket aturan yang menyeluruh dan universal. Prinsip-prinsip aturan dari-Nya tidak akan berubah dengan berkembangnya zaman. Hanya sarana dan prasarana yang mungkin berbeda. Maka itu dibutuhkan ulama-ulama kontemporer untuk membaca perubahan tersebut.

Memahami aturan-aturan Allah Yang Maha Mengatur, seharusnya membuat kita “gampang” menjalani hidup. Kehidupan yang oleh banyak orang dianggap rumit untuk dijalani, ternyata menjadi sederhana dalam sudut pandang Allah SWT. Meskipun dalam keberjalanannya kita pasti menghadapi hal-hal yang terlihat susah dilewati, namun dengan memegang Aturan-Nya pasti selalu ada jalan keluar.

Mengamalkan aturan-aturan Allah Yang Maha Pengasih lagi Maha Penyayang, pasti membuat siapapun berbahagia. Toh kebahagiaan itu asalnya dari hati. Maka jika Sang Maha Pembolak balik hati sudah membuat hamba yang dicintai-Nya bahagia, siapa yang bisa merubah?


Bagikan Yuk !!!



EmoticonEmoticon