Gubernur Anies Imbau Masyarakat Gelar Shalat Gerhana

Catatan Aank Sholeh
Gubernur  DKI Jakarta Anies Baswedan
CATATAN ANAK SHOLEH - Jakarta ,Gubernur DKI Anies Baswedan akan turut melihat secara langsung peristiwa alam gerhana bulan total. Meski belum mengetahui titik pasti pemantauan, Anies memastikan tak akan melewatkan momentum langka tersebut.
"Insya Allah saya nonton gerhana juga, nanti titiknya yang mana saya kabari," katanya di Balai Kota, Selasa (30/1) dikutip dari Republika.co.id.
Anies berharap cuaca di Ibu Kota mendukung untuk melihat gerhana bulan total yang terjadi Rabu (31/1) malam. Cuaca di langit Jakarta akan sangat menentukan untuk menikmati peristiwa unik yang hanya terjadi sekali dalam jangka waktu lama. "Mudah-mudahan besok tidak hujan, awannya juga bersahabat sehingga bagi yang motret ada kesempatan ambil gambar," ujarnya.
Sandiaga juga memastikan tak akan melewatkan gerhana bulan total yang disebut 'Super Blue Blood Moon' ini. Sandi menyebut akan melihat dari kawasan Kota Tua. " Insya Allah nanti ke Kota Tua," ujar dia.
Sebelumnya, Anies telah menerbitkan surat imbauan untuk menyambut gerhana bulan total (GBT) yang kehadirannya bersamaan dengan fenomena supermoon dan blue moon pada 31 Januari 2018 besok. Surat tersebut ditandatangani Anies pada Selasa lalu (23/1).
Di dalam surat tersebut Anies memaparkan, awal GBT diperkirakan terjadi pukul 19.51 WIB, dengan puncaknya pada pukul 20.29 WIB, dan berakhir pada pukul 21.07 WIB.
Melalui surat itu juga, mantan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) itu meminta kepala-kepala satuan kerja perangkat daerah (SKPD) terkait, dalam hal ini Dinas Pendidikan (Disdik), Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud), dan Biro Pendidikan, Mental, dan Spiritual (Dikmental) DKI Jakarta untuk menyiapkan keperluan tertentu dalam rangka menyambut GBT.
Pertama, Kadisdik diharap menyebarkan edaran kepada sekolah-sekolah berisi informasi tentang fenomena gerhana bulan disertai dengan imbauan kepada guru untuk menjadikan fenomena ini sebagai media pembelajaran dan mendorong minat siswa mempelajari sains, serta mensyukuri anugerah dan mengagumi kebesaran Tuhan.
Kedua, Kadisparbud diharap menyiapkan fasilitas dan dukungan di tempat-tempat wisata di bawah pengelolaan Pemprov yang dapat dijadikan titik pengamatan gerhana bulan bagi warga Jakarta.
Ketiga, Kabiro Dikmental diharap menyebarkan edaran kepada masjid-masjid berisi informasi tentang fenomena gerhana bulan disertai ajakan dan panduan untuk menunaikan salat gerhana secara syar'i.
share THIS:

Sumber 


EmoticonEmoticon