Meski Buta, Sahabat Abdullah bin Ummi Maktum Selalu ke Masjid



CATATAN ANAK SHOLEH -  BOGOR,  Kajian sirah 'Sahabat The Series' episode ke-93 bersama Ustaz Hepi Andi Bastoni mengisahkan tentang Abdullah bin Ummi Maktum digelar pada Rabu (7/2/2018) di Masjid Alumni IPB, Jl. Cidangiang No. 4 Kota Bogor.
Kajian rutin yang diselenggarakan oleh DKM Masjid Alumni IPB itu berlangsung sekitar 40 menit, selepas shalat maghrib sampai masuk waktu isya. Dalam kajian tersebut mengisahkan seorang sahabat Nabi yang seorang tuna netra dari kaum muhajirin dan merupakan sepupu Khadijah yaitu Abdullah bin Ummi Maktum. “Mengalami kebutaan sejak lahir dia termasuk ke dalam orang-orang pertama yang menerima Islam dan dijaminkan surga oleh Allah” ujar Ustaz Hepi menjelaskan.
Terdapat kisah yang menarik dari sahabat Nabi ini, suatu hari dia menemui Rasulullah untuk meminta keringanan karena dia tuna netra untuk diperkenankan shalat di rumah karena tidak ada yang menuntunnya pergi ke masjid.
Akhirnya Rasulullah memperkenankan permintaannya, namun ketika Abdullah hendak pergi ditanya oleh Rasulullah apakah dia masih bisa mendengar azan, maka dijawab oleh Abdullah dia hanya buta dan tidak tuli. Akhirnya, keringanan yang diberikanpun ditarik kembali oleh Nabi. “Ini luar biasa, meskipun Abdullah merupakan seorang yang buta tetapi tidak diperkenankan oleh Rasul untuk tidak shalat berjamaah di masjid.” kata mantan wartawan Sabili itu.
“Menurut Imam Asy-Syafi’i, shalat berjamaah di masjid itu sunnah muakkadah, artinya sunnah yang sangat ditekankan, aib jika tidak dilakukan” lanjutnya.
Kata Ustaz Hepi, shalat berjamaah di masjid merupakan sunnah yang sangat dianjurkan apalagi dengan keadaan kita yang serba mudah dengan segala fasilitas yang ada. “Dan pahala shalat berjamaah itu luar biasa, 27 kali lipat” imbuhnya.
Selain dari kisah diatas, masih banyak lagi pelajaran yang dapat diambil dari kisah Abdullah bin Ummi Maktum yang salah satunya adalah semangatnya dalam beribadah kepada Allah SWT dan keinginannya untuk ikut berjihad ke medan perang meski dia dalam keadaan buta. Dan akhirnya, diapun syahid saat perang Qadisiyah melawan bangsa Persia pada perang pertama dan terakhirnya ketika masa kepemimpinan Khalifah Umar bin Khattab.
Kajian sirah 'Sahabat The Series' ini akan digelar kembali pekan depan Rabu 14 Februari 2018 selepas shalat maghrib berjamaah di Masjid Alumni IPB dengan kisah sahabat lainnya yang bisa menginspirasi kita semua.
rep: kholik
Sumber:
www.suara-islam.com


EmoticonEmoticon