Bunda, Lima Pekerjaan Rumah Ini Bisa Bakar Kalori Setara Berolahraga Loh


CATATAN ANAK SHOLEH - Bagi ibu rumah tangga, berkutat dengan beragam pekerjaan rumah adalah agenda rutin sehari-hari. Terlebih yang masih memiliki puta dan putri berusia balita. Pekerjaan rumah seperti menyapu, mengepel lantai, serta merapikan barang seperti tak ada usainya.
Namun tidak usah berkecil hati. Aktivitas sehari-hari yang kita lakukan di rumah, ternyata mampu membakar kalori setara jika kita berolahraga. Asik kan, selain rumah beres, kalori pun terbakar tanpa kita sadari.
Secara lebih rinci, aktivitas apa saja sih yang dinyatakan para ahli bisa membakar kalori.
1. Menyapu
Tanpa kita sadari, ternyata menyapu bisa membakar kalori sekitar 150 hingga 250 kalori per jamnya. Agar jumlah kalori yang dibakar maksimal, usahakan untuk menyapu seluruh area lantai rumah dan jangan lewatkan setiap sudutnya. Semakin banyak frekuensi dan durasi menyapu maka semakin banyak pula kalori yang kita bakar. Bahkan, kalori yang dibakar saat menyapu setidaknya setara dengan yoga, loh!
2. Mengepel
Usai menyapu, kita bisa melanjutkan kegiatan berikutnya yaitu mengepel lantai. Selain bisa membuat lantai lebih bersih, mengepel juga bisa membakar 350 hingga 400 kalori per jamnya. Saat mengepel, otot yang bekerja adalah otot lengan bagian atas, otot inti, dan otot perut. Kalori yang dikeluarkan saat mengepel ini setara dengan latihan menari selama 45 menit.
3. Mencuci Piring
Sempatkan untuk segera mencuci piring setelah makan. Tak hanya membuat dapur kita lebih rapi dan bersih, mencuci piring selama 30 menit bisa membakar sekitar 50 kalori. Aktivitas ini setara dengan berjalan santai.
4. Menyetrika Pakaian
Jangan galau bila tak ada asisten rumah tangga, kegiatan ini bisa kita manfaatkan untuk membakar kalori. Selain membuat pakaian kita rapi, menyetrika selama 30 menit juga membakar sekitar 50 kalori yang setara dengan kegiatan berjalan.
5. Merapikan Tempat Tidur
Jangan lalai merapikan tempat tidur setelah bangun tidur. Kegiatan ini bila dilakukan selama setengah jam, maka bisa membakar setidaknya 40 kalori. 
Luar biasa bukan. Bayangkan jika pekerjaan itu memang rutinitas kita sehari-hari, berapa kalori tubuh kita yang akan terbakar setiap harinya. Tapi meski demikian, tetap jangan abaikan pola hidup sehat dan sesekali berolahraga ya.

Sumber: www.suara-islam.com


EmoticonEmoticon