Monday, November 26, 2018

12 keterampilan yang akan menjadikan Anda aset berharga bagi perusahaan mana pun



Sangat mudah untuk mengabaikan keterampilan yang dapat diturunkan karena dianggap umum dan non-teknis, tetapi semakin banyak memiliki keterampilan tersebut maka Anda lebih fleksibel dan cakap dalam menangani tantangan dan masalah yang berbeda di tempat kerja.
Kami sebelumnya membahas mengapa keahlian ini penting dan bagaimana mereka membantu seorang kandidat menonjol dalam pencarian pekerjaan sebelumnya, yang diikuti oleh bagian  tentang cara menyoroti keahlian Anda yang dapat ditransfer dalam resume Anda. Selanjutnya kami akan fokus pada 12 keterampilan yang dapat ditransfer yang akan menjadikan Anda aset berharga bagi perusahaan mana pun.

Kemampuan berorganisasi
Memiliki pendekatan yang terencana dan terorganisir untuk bekerja adalah aset besar bagi organisasi apa pun, karena memastikan efisiensi dalam mengelola tugas sehari-hari seseorang, yang diterjemahkan ke dalam pengiriman proyek tepat waktu dan kinerja pekerjaan yang berkualitas. Contoh keterampilan organisasi yang berharga meliputi:
1. Manajemen waktu
Mampu bekerja cepat sambil menghasilkan pekerjaan berkualitas adalah apa yang diinginkan perusahaan. Dalam waktu yang serba cepat ini, ini adalah keterampilan yang berharga bagi pencari kerja untuk memiliki.
2. Perencanaan
Keterampilan perencanaan yang efektif akan memastikan bahwa Anda tidak mengabaikan detail atau tugas penting, sambil menjaga proyek sesuai jadwal dengan mengelola buffer time untuk masalah operasional dan kemungkinan penundaan.
3. Perhatian terhadap detail
Apakah Anda meluangkan waktu untuk meninjau karya Anda sebelum diserahkan? Apakah Anda bertujuan untuk melihat akurasi dan ketelitian dalam tugas-tugas Anda? Kesalahan cenderung memiliki efek riak dan dapat meninggalkan dampak besar bagi organisasi, sehingga memiliki sifat khusus ini membuat Anda sangat diinginkan oleh perusahaan.
4. Manajemen keuangan
Memastikan proyek tetap sesuai anggaran adalah salah satu tantangan utama bagi setiap tim atau perusahaan. Diperlukan inisiatif untuk mencari barang berkualitas dengan harga yang kompetitif atau mencari cara kreatif untuk menekan biaya jika diperlukan.
5. Pemecahan masalah yang kreatif
Hidup penuh dengan masalah, dan tidak ada bedanya dengan pekerjaan. Kami menghabiskan sebagian besar waktu kami di tempat kerja mencoba mencari solusi untuk masalah. Semakin kreatif Anda dengan solusi Anda, semakin banyak nilai yang akan Anda tambahkan ke tim.
Kemampuan berkomunikasi
Keterampilan komunikasi yang kuat sangat penting di tempat kerja, baik Anda dalam peran administratif, ahli teknologi kantor, atau kepala departemen.
6. Menulis
Mampu menggunakan bahasa dengan cara yang dapat dipahami dan terlibat melalui tulisan dapat membawa Anda lebih maju dan luas dalam karier Anda. Dari membuat laporan, hingga membuat kampanye untuk mempromosikan produk perusahaan Anda, bakat Anda untuk menulis akan menjadikan Anda aset utama dalam industri apa pun yang Anda lamar.
7. Mendengarkan
Terlalu sering kita membuat kesimpulan daripada berfokus pada apa yang dikatakan orang lain. Keterampilan mendengarkan yang baik tidak melibatkan asumsi, tetapi lebih sabar dan mendengarkan orang lain – suatu keterampilan penting untuk dimiliki dalam setiap tahap karier Anda.
8. Berbicara
Ini termasuk keterampilan presentasi, negosiasi dan penyelesaian konflik. Selain menjadi pembicara yang baik, ia juga melibatkan kepercayaan diri dan sikap yang tenang terlepas dari tekanan yang mungkin ada pada saat itu.
Keterampilan bermasyarakat
Tidak semua orang memiliki keterampilan sosial yang baik, tetapi keterampilan interpersonal yang kuat sangat membantu di tempat kerja, terutama jika Anda bekerja di organisasi besar.
9. Kerja tim
Menjadi pemain tim yang baik berarti membangun hubungan baik dengan anggota tim Anda, membantu dan berkolaborasi, sambil menunjukkan minat yang tulus pada kehidupan mereka.
10. Empati
Perhatian terhadap rekan kerja dan atasan Anda membantu Anda terhubung dengan mereka dan membangun hubungan yang berarti di tempat kerja.
11. Kepemimpinan
Seorang pemimpin yang efektif memiliki bakat alami untuk mengilhami orang-orang di sekitarnya untuk percaya pada visi bersama, dan memotivasi mereka untuk bekerja sama menuju tujuan bersama.
12. Diplomasi
Mengetahui kapan dan di mana harus mengatakan dan melakukan hal yang benar menunjukkan perhatian dan kepekaan terhadap perasaan dan keadaan pikiran orang lain. Diplomasi adalah keterampilan yang berguna untuk dimiliki, terutama ketika berhadapan dengan situasi yang rumit.
Jangan meremehkan keterampilan non-teknis yang Anda peroleh dari kehidupan sehari-hari dan pekerjaan Anda, tidak peduli seberapa umum mereka kelihatannya. Mampu mengenali keterampilan yang dapat diturunkan ini dan nilai yang mereka tambahkan untuk produktivitas dan kinerja kerja Anda akan memberi Anda keyakinan dan jaminan tambahan dalam kemampuan Anda.
Sumber : https://www.jobstreet.co.id/career-resources/12-keterampilan-yang-akan-menjadikan-anda-aset-berharga-bagi-perusahaan-mana-pun/#.W_t1SFpR3Dc

0 comments

Post a Comment