Wednesday, February 13, 2019

Kegagalan Bukanlah Kekalahan


Setiap manusia pastinya pernah mengalami kegagalan dalam hidupnya. Kegagalan-kegagalan yang terjadi tentunya mengakibatkan rasa kecewa dan rasa sedih karena hasil yang didapatkan tidak sesuai dengan harapan.
Ada berbagai macam kegagalan yang tentunya pernah kita alami, seperti gagal lulus ujian sekolah, gagal masuk perguruan tinggi, atau gagal mendapatkan pekerjaan di kantor yang sudah kita idam-idamkan. Kita selalu merasa bahwa kita telah melakukan usaha dengan kemampuan yang maksimal,
namun manusia hanya bisa berencana dan Allah SWT yang menentukan semuanya. Rasa sakit dan sedih akan sebuah kegagalan merupakan hal yang wajar, namun akan menjadi tidak wajar jika kita terus larut dalam kesedihan dan rasa sakit karena sebuah kegagalan.
Ingat, waktu terus berputar, dan kita tidak mungkin berdiam diri dan terus menerus berkubang dalam kegagalan. Kita harus bisa mengambil sisi positif dari sebuah kegagalan, karena pastinya selalu ada hikmah dari kegagalan yang telah kita alami.
Kegagalan merupakan bagian dari proses keberha-silan, tidak ada orang sukses di dunia ini yang tidak pernah melewati kegagalan. Bisa dikatakan kegagalan adalah nama tengah dari orang-orang yang sukses. Apabila kita mau bersabar, kita akan tahu dan ber-syukur bahwa kita telah mengalami kegagalan.
Kegagalan adalah bentuk pelajaran yang diberikan Allah dalam bentuk kesedihan, namun di balik itu ada kebaikan yang akan kita dapatkan. Jangan memandang bahwa kegagalan adalah keka-lahan, kegagalan merupakan sebuah kemenangan yang tertunda, karena bisa jadi dari kegagalan-kegagalan yang kita alami, kita akan bisa menyempurnakan pekerjaan kita.
Orang-orang yang sukses tidak pernah menyerah dengan kegagalan, ia akan menjadikan kegagalan sebagai batu loncatan untuk meraih kesuksesan. Kegagalan tidak seharusnya diratapi, akan tetapi harus dijadikan sebagai cambuk penyemangat untuk meraih kesuksesan yang kita dambakan. Sebuah kesuksesan tidak ada yang didapatkan dengan cara instan,
bahkan untuk memasak mi instan pun ada tahap-tahap yang harus kita lalui. Oleh karena itu, jika mengalami kegagalan, hendaknya kita bersabar dan berusa-ha untuk mencari jalan keluar menghadapi kegagalan tersebut. Setiap orang sukses di dunia ini pasti pernah me-ngalami kegagalan. Seorang pengusaha sukses pasti pernah jatuh bangkrut,
seorang penulis pasti pernah ditolak naskahnya oleh penerbit, begitu juga dengan seorang petani pasti juga pernah mengalami gagal panen. Kesuksesan yang diraih oleh orang-orang sukses itu ibarat gunung es. Kita hanya melihat puncaknya saja ketika mereka sudah meraih kesuksesan, namun kita tidak
pernah melihat bagian bawah dari gunung es yang berada di dalam lautan, di mana bagian yang tak terlihat itu penuh dengan perjuangan, rasa sakit, air mata, dan tentunya berulangkali kegagalan. Hidup ini tak semudah membalikkan telapak tangan, ada perjuangan yang harus kita lakukan.
Seperti halnya para pejuang yang memperjuangkan kemerdekaan bangsa ini dari tangan penjajah, kita pun harus memperjuangkan kesuksesan kita dari rasa putus asa karena sebuah kega-gala n.
Allah SWT telah memerintahkan kita untuk tidak menyerah karena sebuah kegagalan,
karena sesungguhnya wtelah kesulitan itu ada kemudahan sebagaimana firman Allah SWT dalam Alquran : “Karena sesungguhnya sesudah kesulitan itu ada kemudahan, sesungguhnya sesudah kesulitan itu ada kemudahan.
Maka apabila kamu telah selesai (dari sesuatu urusan), kerjakanlah dengan sungguh-sungguh (urusan) yang lain dan hanya kepada Tuhanmulah hendaknya kamu berharap.” (QS. Al-‘Asyr: 5-8) Kegagalan akan menempa kita menjadi pribadi yang kuat, tidak cengeng, dan tidak lemah ketika menghadapi masalah. Kegagalan juga akan bisa membuka mata kita bahwa introspeksi diri itu amatlah penting. Dengan adanya kegagalan,
mau tidak mau tentunya kita akan lebih banyak mengoreksi diri dan belajar dari kesalahan yang telah kita lakukan.

0 comments

Post a Comment